Tuesday, November 5, 2013

A Wrinkle In Time : Madeleine L'Engle



Judul Buku Asli : A Wrinkle In Time
Judul Buku Terjemahan : Kerutan Dalam Waktu
Penulis : Madeleine L'Engle
Terbit : Agustus 2010
Penerjemah : Maria R.Lubis
Penerbit : Atria
Jumlah Hal : 267 hal.
Beli di : bukabuku.com
Rating : 2/5

Sinopsis 
Meg adalah seorang gadis yang bermasalah di sekolah. Meskipun orangtuanya adalah sepasang ilmuwan genius, dia selalu dianggap bodoh dan mendapat hukuman. Ditambah lagi, penampilannya begitu mengerikan—kacamata tebal, gigi berkawat, dan rambut yang berantakan. Semua itu kemudian diperparah dengan menghilangnya sang ayah yang menimbulkan desas-desus tak menyenangkan.

Namun, semua masalah itu ternyata sangat tak berarti. Karena, pada suatu malam yang diamuk badai, dia mengawali petualangan tak terduga bersama adiknya, Charles Wallace, dan Calvin O'Keefe, anak lelaki
yang dia kenal di sekolah.

Bersama-sama, mereka melintasi ruang dan waktu, bahkan melintasi dimensi kelima yang sebelumnya tidak akan bisa dibayangkan oleh umat manusia, untuk menyelamatkan ayahnya, sekaligus menghadapi Kejahatan yang sebenarnya, yang lebih kelam daripada semua yang pernah dia hadapi.
~goodreads.com~

Review
Cover, ini salah satu yang bikin saya pengen baca buku ini, cover asli maupun cover terbitan Indonesia memberi efek yang cukup besar untuk memesan buku ini. Selanjutnya, bahasan di Goodreads juga bagus banget, ratingnya lebih dari 4 dan yang memberi rating 300.000 orang lebih, wew ~ Tambah yakinlah kalau sekiranya buku ini bener-bener bagus. Dan, setelah buku ini tiba di mejaku, aku buru-buru buka plastik dan baca. Amazing, untuk buku setebel kurang dari 300 halaman aku baru slese baca setelah sebulanan, padahal ada buku yang tebelnya lebih dari 400 halaman aku bisa selesai dalam 3 hari, how come ?

Well, mari kita mulai review yang sebenarnya, buku ini menurut orang yang sudah baca bakal berisi science, ajaran agama dan magic. Yes, all that thins are there. Science karena cerita ini memang dilandasi atas teori bahwa materi adalah energi yang bisa 'dilipat' (wrinkle). So, berdasarkan teori itu pula, Mr Murry (ayah Meg) melakukan sebuah percobaan untuk pergi ke Mars, dengan mesin waktu, bukan pakai pesawat luar angkasa. Sebelum hal ini diketahui oleh Meg dan Charles (adik Meg), mereka telah terlebih dahulu mengalami hal-hal ganjil. Meg selalu dianggap 'berbeda' di sekolah, bahkan disebut 'bodoh'. Bukan karena ia memang benar-benar bodoh, tetapi karena Meg sebenarnya 'terlalu pintar' di antara teman sebayanya yang biasa. Mr Murry mengajari Meg logika matematika super rumit dan membuat Meg terbiasa mengerjakan soal matematika tanpa hitungan, langsung ketemu hasil :DD. Nah, karakter Meg ini menurutku sebenarnya ga begitu spesial untuk benar-benar dipilih sebagai tokoh utama dalam cerita. Karena, yap, intinya keahliannya tidak ada hubungannya dengan magic. Selanjutnya, ada Charles, adik Meg yang satu ini bisa membaca emosi dan pikiran orang yang ia ingin baca pikirannya. Just it, dia ga punya keahlian lain selain itu. Dan terakhir ada Calvin, anak kelas 5 yang baru Meg dan Charles temui sesaat sebelum petualangan ke luar angkasa dimulai. Ia mempunyai keahlian yang hampir sama dengan Charles, berkomunikasi dengan pikiran orang lain. Selain keempat orang tersebut ada pula 3 penyihir bernama Mrs Who, Mrs Whats It dan Mrs Which. Dan tentu saja si jahat ITU. 

Alur dalam buku ini adalah alur maju. Alurnya terasa lambat di satu waktu namun terasa seperti ada kisah yang hilang di tempat lain (terlalu cepat diceritakan). Peran masing-masing tokoh juga terasa dangkal, padahal untuk menggambarkan masing-masing tokohnya butuh 1 bab. Selain itu, penggambaran sosok-sosoknya susah dipahami, seperti pada penggambaran salah satu tokoh berikut.
Mereka memiliki warna kelabu suram yang sama seperti bunga-bunga. Jika mereka tidak berjalan dengan tegak, mereka pasti mirip binatang. ... Namun, di tempat wajah-wajah makhluk di Uriel terlihat lebih indah daripada wajah-wajah manusia, wajah makhluk-makhluk ini tidak. ... Mereka tidak memiliki mata. Hanya celah-celah rambut. page 219
Secara logika, bagi saya buku ini susah dimengerti, Mr Murry tidak mempunyai keahlian apapun tetapi bisa sampai tertangkap di Camazotz (tempat makhluk kegelapan bernama ITU berada dan berkuasa), tetapi Meg, Charless dan Calvin harus dibantu dengan sihir untuk pergi kesana. Para penyihir menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan secara teori bisa dimengerti, tetapi mereka melakukannya bukan dengan teori tapi sihir. Hemm ~ Soalnya saya pernah baca buku ttg kerutan waktu juga yang ditulis Michael Crichton berjudul Timeline, menurut saya secara logika lebih masuk jalan cerita di Timeline. But, yah, mungkin karena ini buku anak-anak jadi Madeleine tidak ingin membuat kisah yang rumit meski secara logika rasional jadi ga masuk :D

Secara terjemahan, emm, not so good, banyak tata kalimat yang harus kubaca berulang-ulang baru kemudian aku ngeh ini maksudnya apa, apa aku yang lemot yah ? Hahahah.

But, dibalik itu semua, meski rasanya buku ini diselesaikan dengan terburu-buru, bahkan untuk mengalahkan ITU yang lebih berkuasa dan jahat juga caranya sangat mudah dan diceritakan tidak lebih dari 3 halaman. Secara filosofi si indah juga, ITU yang merupakan makhluk kegelapan, bisa dikalahkan oleh Meg dengan sesuatu yang tidak dimiliki ITU, hehe, udah ketebak kan apa yang gak dimiliki si ITU ? Kalau mau tau jawaban kalian bener atau ga, bisa cek sendiri di bukunya. Beberapa kali juga Madeleine memasukkan pesan bahwa orang-orang baik adalah utusan Tuhan. 

Oiya, ternyata juga baru tau kalau buku ini sudah difilmkan, dengan judul yang sama oleh Disney Pictures, ada yang pernah nonton ? Aku si belum, :P

Di atas itu para penyihir, yang kecil di bawah Calvin, Meg dan Charles

Calvin, Meg dan Charles
Dan, kesimpulannya adalah 3 bintang untuk buku ini. 




  

No comments:

Post a Comment