Monday, May 6, 2013

Habiskan Saja Gajimu : Ahmad Gozali

Kehabisan uang sebelum sempat menabung?
Waduh, bakal kena marah Pak @ahmadgozali deh,
Bagi dia, ga ada satu alasanpun buat kita untuk ga investasi dan menabung berapapun besarnya gaji kita, mau 10 juta kek, 4 juta kek, 1 juta kek, tetep, rumus ngabisinnya kudu tepat. Pertama, bayar hak Allah, kedua, bayar hutang, ketiga, menabung, nah, keempat, habisin sisanya untuk belanja hidup. 

Buku ini sederhana tapi isinya bikin manggut-manggut. Bikin kita optimis dengan kondisi keuangan kita, terutama tentang bagaimana cara mengatunya supaya ga dikejar-kejar debtcollector, supaya ga kaget pas kudu bayar sekolah anak, dan berani untuk bilang tidak pada barang-barang yang sebenarnya hanya kita 'inginkan' bukan kita 'butuhkan'.

Saya tertarik membaca buku ini karena banyaknya follower @ahmadgozali yang membicarakan isi bukunya. Ekspektasi saya cukup besar mengingat kredibilitas Pak Ahmad Gozali di dunai financial planner sudah sangat baik. But, yah, agak kecewa siy karena isinya sesederhana itu. Bahkan menurut saya bisa disampaikan dalam bentuk artikel saja, meskipun -terpaksanya- harus berseri.

Pengennya si buku ini gak sekedar rumus menghabiskan gaji hingga tersisa, tapi juga bagaimana investasi yang baik, gimana nabung yang wajar, dan gimana tips mendidik orang rumah soal manajemen keuangan. Semoga lain waktu Pak Ahmad Gozali menerbitkan buku kesebelas yang lebih membuat kita melek soal how to manage our salary well. Dua setengah bintang untuk Habiskan Saja Gajimu.





2 comments:

  1. blognya manfaat banget mba, bikin betah dan ada referensi sebelum belanja buku

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, silahkan mampir juga ke blog buku para member BBI di blogbukuindonesia.com, semoga bisa menjadi media mencari buku yang bermanfaat :')

    ReplyDelete