Friday, August 16, 2013

Munif Chatib : Orangtuanya Manusia

Bibliobook
Judul : Orangtuanya Manusia
Penulis : Munif Chatib
Penerbit : Kaifa
Jumlah Halaman : 212 halaman

Alasan saya membeli buku ini :
I love learn about parenting, because i want to be the best parent for my children :')

Komentar saya terhadap buku ini :
Belum banyak buku tentang parenting yang saya baca, buku-buku yang pernah saya baca sebelumnya seperti Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak dengan Baik? yang ditulis oleh Melly Kiong berisi pengalaman pribadinya dalam mendidik anak, sayang saya tidak dapat mengingat jelas isinya, mungkin bisa baca resensinya di sini. Selain itu, ada pula Prophetic Parenting ( Cara Nabi Mendidik Anak) ditulis oleh DR.Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid  yang sejujurnya belum saya baca sampai habis karena tebalnya T,T, resensi buku ini (bukan saya sih yang nulis) bisa dilihat di sini. Nah, setelah membaca dua buku sebelumnya, buku yang berjudul Orangtuanya Manusia ini benar-benar menginspirasi saya tentang fenomena anak-anak yang sering dilihat salah dan ditanggapi salah oleh para orang tua. Pak Munif menulis mulai dari apa hakikat seorang anak bagi orang tua, bagaimana pola pendidikan yang baik, bagaimana mendeteksi kelebihan anak, bagaimana memilihkan sekolah yang manusiawi untuk anak, bagaimana menemani anak belajar hingga bagaimana menghadapi media dalam kaitannya dengan perkembangan jiwa anak. Sebuah buku yang komprehensif dan menarik untuk diambil sari patinya.

Pak Munif menceritakan pula kisah-kisah anak difable yang inspiratif, Pak Munif meyakinkan kita bahwa tidak ada ciptaan Allah yang 'gagal', bagaimanapun keadaan anak tersebut saat dilahirkan. Pak Munif juga menyadarkan kita bahwa seringkali kita hanya melihat kepandaian akademis sebagai komposisi predikat pintar, padahal, para ahli sendiri saat ini telah jauh meninggalkan metode pengukuran IQ sebagai satu-satunya dasar pengembangan potensi anak. Lebih dari itu, kita dituntut pula untuk mengembangkan, emosi dan spiritual anak sehingga ia menjadi manusia yang 'lengkap'.

Kekurangan buku ini menurut saya hanya satu, yaitu kurang banyak lagi tips-tipsnya, hehe *ngarep. Dan saya paling suka kampanye Pak Munif soal 'tidak ada ciptaan Tuhan yang gagal'. Saya akan tunggu lagi karya-karya beliau. Dan saya beri 4 bintang untuk buku ini. 



1 comment: