Monday, October 21, 2013

Forgotten : Cat Patrick

Biblio book
Penulis : Cat Patrick
Penerbit : Mizan Fantasi
Tebal Halaman : 336 halaman

Well, aku ga bisa bayangin bakalan ga punya memori apa-apa soal 10 tahun lalu, 5 tahun lalu, 6 bulan lalu, minggu lalu, bahkan sejam lalu setiap pukul 04.33 pagi. Begitu setiap hari. The memory is always reset to zero. No!! Sayangnya itulah yang terjadi pada London Lane. Maka untuk bisa mengetahui apa-apa yang penting dalam kehidupan sekolahnya dan keluarganya sehari-hari, malam sebelum ia beranjak tidur, Lane harus menulis apa yang ia alami hari ini dan membacanya kembali esok pagi. Dengan catatan itulah Lane mengganti memorinya tentang apa yang terjadi kemarin. 

Ketidakmampuannya mengingat masa lalu ternyata diiringi dengan munculnya kemampuan untuk 'mengingat' masa depan. Emm, tepatnya bukan 'mengingat' sih yaa, tetapi mengetahui. Kehidupannya mulai berubah -maklum, dia sebenarnya gadis biasa saja di sekolah yang notabene tidak populer baik karena prestasi maupun kecantikannya atau apapun- saat ia bertemu dengan Luke Henry. Luke Henry digambarkan sebagai pemuda cool yang cukup romantis. Berawal dari pertemuannya dengan Luke, muncul peristiwa-peristiwa yang mengingatkan Lane akan kisah masa lalu. Akankah ia mengalami 'perbaikan' sistem memori otak? Atau tetap menjadi Lane yang lupa masa lalu tetapi 'ingat' masa depan?

Ide melupakan masa lalu namun 'mengingat' masa depan sebenarnya sangat menarik. Sayangnya menurut saya terlalu mentah untuk bisa dipercayai. Karena meski bergenre fantasi, menurut saya harus ada alasan mengapa ia mampu 'mengingat' masa depan. Dalam buku ini juga tidak dituliskan secara detil memori apa saja yang tidak bisa Lane ingat, apakah nama objek (hidup/tidak hidup), urutan peristiwa, teori, waktu, etc. Begitu juga dengan masa depan apa saja yang bisa Lane 'ingat', diceritakan di buku ini ia bisa mengetahui lintasan masa depan teman-temannya, tetapi ia tidak bisa mengetahui masa depannya sendiri.

Ga ada tokoh favorit siy di buku ini, hehehe, cuma ga ngerti gimana jadinya kalau tetiba harus hilang ingatan sejak usia 6 tahun >,< dan kudu nulis apapun yang dialami hari ini sebelum tidur, bagaimana kalau ada hal penting yang aku bener-bener lupa. Akhirnya, aku kasih 3 bintang untuk buku ini. 


3 comments:

  1. Premisnya sih menarik ya :) tapi covernya kurang nendang kayaknya, hehe..

    ReplyDelete
  2. Hihihi, keknya cover-cover Mizan Fantasi kebanyakan gitu mba :)

    ReplyDelete
  3. pernah baca bukunya si stephen hawking a brief history of time .. yang bilang suatu saat mahluk hidup bisa mengingat masa depan tetapi tidak bisa mengingat masa lalu.

    ReplyDelete